Rapat pimpinan Seksama tahun ini diselenggarakan di area Omah Petroek, Yogyakarta, pada 10-12 Oktober 2019. Penerbit Kanisius menjadi tuan rumah.

Hadir secara khusus adalah R.D. Steven Lalu, Sekretaris Eksekutif Komisi Komunikasi Sosial KWI. Beliau meneguhkan eratnya kaitan antara Seksama dan Komisi Komsos KWI dalam konteks karya pewartaan Gereja di Indonesia dan mengajak seluruh anggotanya untuk sungguh-sungguh memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dan media digital yang mengarah pada konvergensi media, berpadunya aneka medium cetak, audio, dan visual.

Secara resmi diluncurkan website www.seksama.id sebagai profil dan portal berita lembaga Seksama. Website dipersiapkan oleh Juan St. Sumampouw yang pada saat itu juga mengisyaratkan betapa pentingnya semua penerbit anggota Seksama memiliki website yang modern, membuka lapak di platform e-commerce yang populer (Tokopedia, Bukalapak, Shopee), serta mulai belajar menguasai digital marketing dengan memanfaatkan Google Ads, Facebook Ads, dan sebagainya.

Rapim juga mengundang Dana Gumilar, pendiri Berdikari Book, untuk berbagi pengalaman. Pada awalnya Dana sekadar berjualan buku-buku bajakan, namun kemudian tumbuh berkembang menjadi toko buku sungguhan. Berdikari Book dikenal karena khas menjual buku-buku bertema sosial humaniora. Mereka memanfaatkan betul media sosial dan marketplace untuk berjualan. Kini, Berdikari Book memiliki bangunan toko, hadir di internet lewat website dan marketplace, dan bahkan memiliki aplikasi khusus untuk perangkat Android maupun iOS.

Forum rapat menyepakati untuk bersama-sama belajar lebih banyak tentang media digital di hari-hari mendatang, di samping komitmen untuk terus menyelenggarakan Catholic Book Fair setiap tahun kendati pelbagai kendala yang ditemui. Rapim tahun 2020 akan diselenggarakan di Malang dengan Penerbit Dioma sebagai tuan rumah.

Kategori: Berita